Sabtu, 24 Januari 2015

ASUS ZENFONE 5

ASUS ZENFONE 5

 
          Asus Zenfone 5 merupakan smartphone dengal layar 5 inci android terbaru kaluaran dari vendor Asus. Smartphone terbaru milik Asus ini menyasar pada segmen kelas menengah. Smartphine ini dibandrol dengan harga sekitar 2 Jutaan. Untuk spesifikasinya, ponsel ini memiliki spesifikasi yang terbilang cukup tinggi. Yang membedakan smartphone ini dengan androidlainnya yang keluaran asus adalah processornya. Prosesornya memakai prosessor dari intel. Prosesor tersebut adalah intel atom dual core dengan kecepatan 1.6 GHz, sehingga memungkinkan kinerja yang responsif.
Smartphone Asus Zenfone 5 juga bisa disebut sebagai phablet,karena memiliki ukuran layar sebesar 5 inch HD beresolusi 720 x 1280 piksel. Layar tersebut sudah disempurnakan dengan tehnologi IPS (In Plane Switch) yang akan menampilkan layar bersudut pandang luas serta lebih tajam. Di bagian belakang perangkat ini telah disematkan kamera dengan resolusi 8 MP. Anda dapat melakukan foto selfie dengan baik pada perangkat ini, karena pada sisi depannya tersedia kamera dengan sensor 2MP. Smartphone 5 inci ini dipasarkan di Indonesia dengan harga hanya Rp 2.199.000.

Desain
           Dari sisi desain, Asus Zenfone 5 hadir dikemas secara elegan serta tidak menampilkan sebuah produk yang dijual dengan harga murah. Untuk kotak pembungkusnya menggunakan plastik wrap yang bening yang dapat memudahkan anda untuk melihat seluruh keterangan dari spesifikasi serta informasi yang berkaitan dengan produk tersebut. Setelah anda membuka kotak kemasannya, di dalamnya anda akan menemukan satu unit smartphone, kartu garansi, buku panduan, adapter, kabel USB, serta petunjuk untuk cara melepas casing belakang pada smartphone tersebut. Ketika ditampilkan dari sisi samping, desain dari Asus Zenfone 5 tidak terlihat terlalu tebal. Didesain tanpa menggunakan sudut dan terlihat sangat dinamis. Pada bagian belakang juga terlihat simpel, tidak terdapat tekstur khusus kecuali pada kamera, lampu flash (LED) serta lubang speaker pada bagian bawah. Untuk tombol power serta volume diletakkan pada sisi sebelah kanan sehingga jika dilihat dari depan dan untuk slot micro USB ada pada bagian bawah.
Desain dari Asus Zenfone 5 menggunakan model semi unibody. Dengan desain model yang demikian, Anda bisa melepas atau membuka casing bagian belakang smartphone ini, ketika akan memasang kartu SIM (ASUS Zenfone menyediakan dua slot kartu micro SIM) dan kartu memori MicroSD. Namun baterai hanya bisa dilepas oleh pusat perbaikan resmi ASUS jika ingin dilepas atau diganti. Untuk layar dari Asus Zenfone 5 ini cukup menarik perhatian. Karena layarnya menggunakan layar IPS dan dilapis Gorilla Glass 3. Pelapis kuat ini ditujukan untuk menghindari layar dari goresan atau pecah akibat benturan ringan. Layar IPS sendiri membuat tampilan di layar bisa dilihat tanpa ada degradasi kualitas atau warna meski dilihat dari sudut yang sangat luas, hingga 178 derajat.
Layar In Plane Switching (IPS) pada smartphone ini memberikan tampilan warna yang baik. Mampu menampilkan hingga 16 juta warna dan ketika dilihat di bawah sinar matahari langsung masih terlihat baik. Tentunya, anda harus mengatur kecerahan ke tingkat maksimal agar tampilan mudah terlihat.Layar dengan resolusi HD (720 x 1280) memiliki kepadatan piksel 294 piksel per inch (ppi), cukup baik jika digunakan untuk menonton video, melihat hasil foto sampai berselancar di internet.Ketika disentuh, layar pada Zenfone juga memiliki tingkat responsivitas yang tinggi yakni hanya 60ms (milidetik). Artinya, tidak ada jeda yang terasa saat Anda mengklik pada icon aplikasi atau melakukan swipe atau menggeser layar.Selain responsif, layar ASUS Zenfone juga mendukung fitur Glove Mode. Jika diaktifkan, layar tersebut akan menjadi sensitif bahkan meski jari Anda terbungkus sarung tangan. Asus Zenfone 5 ini juga memiliki dual microphone (di bagian atas dan bawah) yang mampu berfungsi sebagai noice cancellation. Fitur ini akan sangat terasa manfaatnya saat Anda melakukan panggilan telepon dengan latar belakang suara yang bising.

Display
            Ketika anda mulai menyalakan smartphone tersebut maka logo Asus akan tampil lengkap dengan caption “powered by Android” yang bersamaan dengan munculnya logo Intel. Dari depan ketika smartphone ini menyala, anda akan melihat berbagai tombol shortcut Android pada bagian bawah. Tombol fisik touchscreen yang disediakan pada smartphone ini dimaksudkan agar resolusi pada layar tidak berkurang dengan adanya tombol virtual dari android. Hal ini berarti bahwa layar yang memiliki resolusi HD 1280 x 720 secara keseluruhan dapat digunakan untuk menampilkan berbagai aplikasi serta konten-kontennya.

Hardware
           Prosesor yang digunakan Asus Zenfone 5 ini adalah prosesor Atom Z2560 yang punya 2 inti (core), yang masing-masing prosesornya mampu menangani 2 pekerjaan (thread) dalam satu waktu. Adapun prosesor tersebut bekerja pada kecepatan 1,6GHz di tiap intinya. Sebagai informasi, thread adalah inti (core) virtual untuk memroses data. Artinya, 2 inti di prosesor Atom ini mirip seperti 4 inti di prosesor smartphone sekelas lainnya. Anda tidak perlu heran jika pada hasil pengujian perangkat yang punya prosesor ini tak kalah atau bahkan lebih baik dibanding perangkat lain yang punya prosesor 4 inti.

Memori
           Zenfone 5 dibekali RAM sebesar 2GB. Ya, lagi-lagi Asus Zenfone menang lagi dalam segi RAM. Pada umumnya, smartphone dua jutaan hanya memiliki RAM sebesar 1GB. RAM 2GB ini sangatlah lega. Anda tak perlu perhitungan dalam hal multitasking. Bisa menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan dengan lancarar tanpa ketakutan kehabisan ruang kosong pada RAM. Untuk memori internal, Zenfone 5 memiliki kapasitas memori yang sama dengan Zenfone 4 yakni sebesar 8 GB dan dapat menambahkan memori eksternal sebagai tambahan hingga 64GB.
Dengan membeli Zenfone 5 ini, Anda bisa mendapatkan fitur Cloud Computing dari Asus secara gratis yang bernama “Asus Webstorage” hingga 5 GB. Anda dapat menyimpan file-file Anda disana, tanpa ketakutan filenya dihapus karena gratis seumur hidup.

-Ringkasan
Asus ZenFone 5 pertama kali dijual pada bulan November 2014.
Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android, platform mobile yang paling banyak digunakan di muka bumi. Saat ini versi Android yang digunakan adalah Android 4.3 Jelly Bean. Versi ini lumayan baru, di rilis bulan July 2013.
- Layar
ZenFone 5 memiliki layar IPS LCD 5 inci (13 cm), lebih besar dari layar smartphone biasa.
Resolusi layar smartphone ini adalah 1,280 pixel dengan 720 pixel, menjadikannya layar 720p HD screen. Tampilan ketajaman diukur dalam satuan pixels per inch (PPI) , dan layar ini memiliki 294 PPI, 26% lebih tajam daripada layar lain.
- Resolusi Layar
1,280 x 720 pixel
- Baterai
         Waktu bicara dengan ZenFone 5 dengan baterai penuh adalah 18 jam,jauh lebih lama daripada smartphone lain.
Mengenai kapasitas baterai, yang merupakan indikator terbaik daya tahan baterai, ZenFone 5 menggunakan baterai berkapasitas 2,110 mAh, kapasitas baterai yang lumayan besar untuk sebuah smartphone.
- Tehnologi Baterai
Li Polymer
- Dimensi dan Desain
         Smartphone ini berukuran tinggi 148.20 mm, lebar 72.80 mm, dan ketebalan 5.50 mm, 45% lebih tipis dari rata-rata smartphone. Bahkan saat dimasukkan ke dalam case-nya, smartphone ini tetap lebih tipis dibandingkan smartphone lain.
Dengan berat 145 gram,ini sedikit lebih berat daripada smartphone rata-rata.
Smartphone ini menggunai touch screen keypad untuk ber-input. Fitur ini termasuk standard.

- Prosesor dan Memori
         ZenFone 5 menggunakan prosesor dual core Intel Atom Z2580. CPU-nya berkekuatan 1.6 GHz, jauh lebih cepat dibandingkan rata-rata CPU smartphone.
RAM berkapasitas 2,048 MB berarti smartphone ini memiliki memori jauh lebih besar dari smartphone pada umumnya, memberikan peningkatan kemampuan signifikan dibanding smartphone lain.
- Kamera
        Kamera yang dipasang pada smartphone ini berkekuatan 2 megapixel untuk kamera depan dan 8 megapixel untuk kamera utama di sisi belakang. ZenFone 5 dapat merekam video definisi tinggi 1080p dengan kamera utamanya - resolusi ternggi kedua (dari 4K) masa kini.
- Penyimpanan Internal
        Model dasar ZenFone 5 memiliki media penyimpanan internal sebesar 8 GB, sangat cukup untuk menyimpan file media.
Jika 8 GB tidak cukup, anda bisa menambahkan microSD sampai 64 GB.

- Konektivitas
a. Tipe konektivitas Wireless  - 3G
    - Bluetooth
    - Mobile Hotspot Tethering
b. Versi Bluetooth  4.0
c. Koneksi Kabel  microUSB
d. Koneksi Charging  microUSB
e. Koneksi Headphone  3.5mm

- Jaringan
   a. Jaringan (Tipe & kecepatan)  - 3G (HSDPA/CDMA)
    - Edge / 2G (GSM/GPRS)
   b. Jaringan GSM   - 850 MHz
    - 900 MHz
    - 1800 MHz
    - 1900 Mhz  
-  Jaringan HSPA  - 850 MHz
    - 900 MHz
    - 1900 MHz
    - 2100 MHz

Kelebihan Asus Zenfone 5
Untuk Perangkat ini sudah menggunakan OS Android Jelly Bean dan tentunya sudah bisa di upgrade ke KitKat yang tentunya kompitible dengan aplikasi yang terseddia di PlayStore
Nah, ada yang istimewa dengan ponsel pintar ini karena sudah menggunakan prosesor chipset miliki Intel yaitu Intel Z2560 (1,6GHz) 2×2 Core Quad – Thread Hyper Threading Technology
Selain itu kalau untuk masalah GPUnya sendiri sudah menggunakan PowerVR SGX544MP2
Dan untuk RAMnya sudah dibekali sebesar 2GB yang tentunya nyaman untuk menggunakan aplikasi dan game secara bersamaan
Untuk kameranya sendiri dibekali dengan kamera utama sebesar 8MP yang dibekali resolusi sebesar 3264 x 2448 pilsel tentunya dilengkapi dengan autofokus dan lampu flash
Dan untuk kamera sekundernya sudah memiliki kekuratan sebesar 2MP
Seperti layak layaknya ponsel pintar Android lainnya kalau smartphone ini juga sudah terdapat fitur wifi
Dengan menggunakan bluetooth versi 4 maka menjadikan transfer data anda semakin cepat dan tanpa mengkonsumsi banyak daya
Bagi anda yang suka akan fitur Radio, maka perangkat ini sudah menyediakannya
Selain itu kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Asus Zenfone 5 ini ialah sudah bisa mendukung USB OTG sehingga nantinya bisa membaca data dari flashdisk
Dual SIM Stanby, selain itu kalau untuk SIM carnya harus menggunakan microSIM
Untuk ukuran layarnya sudah cukup besar yaitu sekitar 5inci yang tentunya saja menjadikan anda nyaman untuk menjalankan ponsel pintar tersebut.
Dan resolusi dari layar ini cukup tinggi 720 x 1280 piksel dengan tingkat ketajaman sekitar 294 ppi
Selain itu untuk layar sentuh dari ponsel pintar ini menggunakan kapasitif IPS LCD yang tentu saja menampilkan gambar lebih realistis dan sudut pandang yang luas
Dan untuk lapisan layar ini sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 3 yang tentu saja memberikan perlindunan anti gores pada layar kaca
Untuk kapasitas memori internalnya sudah lumayan besar yaitu sekitar 8GB
Harga yang terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan ponsel Android yang canggih canggih untuk saat ini.

Kekurangan Asus Zenfone 5
 Dan sayangnya untuk kapasitas kekuatan baterai yang hanya sekitar 2050 mAh saja
Mungkin sebagian dari orang beranggapan kalau untuk ukuran layarnya terlalu lebar yang sekitar 5 inci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar